Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org dapat membuat kebingungan bagi banyak orang. Pada artikel ini, kami mencoba untuk menjelaskan perbedaan kedua versi wordpress tersebut. Ada banyak perbedaan antara kedua versi WordPress dan kami akan mencoba untuk membantu mengilustrasikan perbedaan tersebut untuk Anda.

Perbedaan WordPress.com WordPress.org


Mengenai WordPress.com

WordPress.com adalah perusahaan komersial yang dimiliki oleh Automattic, perusahaan dan pengembang pendiri WordPress ini telah berjalan hampir sama pada saat WordPress.org dirilis.

WordPress.com menggunakan sebagian besar perangkat lunak WordPress yang sama yang dapat anda download di WordPress.org, namun penggunaannya lebih terbatas pada apa yang dapat Anda lakukan. Dengan menggunakan layanan WordPress.com, hosting dan pengelolaan software/program ini oleh ditangani oleh tim di wordpress.com itu sendiri. Automattic. Berbeda dengan WordPress.org. Anda perlu menginstal dan setup perangkat lunak pada server Anda sendiri dan memungkinkan anda untuk dapat mengelola backup.

WordPress.com adalah layanan, sedangkan WordPress.org adalah perangkat lunak.

Layanan WordPress.com

Kelebihan WordPress.com

  • Layanan Gratis dan mudah dibuat
  • Semuanya diurus: setup, upgrade, spam, backup, keamanan, dll
  • Blog Anda berada di ratusan server, sehingga sangat tidak mungkin down
  • Posting Anda dapat didukung secara otomatis
  • Website/blog Anda mendapatkan trafific/pengunjung tambahan dari blogs of the day dan tag
  • Anda dapat menemukan seperti like-minded bloggers dari tag dan dari teman
  • Login anda aman (SSL) sehingga tidak ada yang bisa masuk ke akun Anda jika Anda menggunakan wifi

Kekurangan WordPress.com

  • Tersedia hanya lebih dari 70 + tema wordpress namun tidak dapat Anda modifikasi/ mengedit CSS, dan tidak bisa menjalankan tema kustom*
  • Anda tidak dapat memodifikasi kode PHP di belakang blog Anda*
  • Anda tidak dapat meng-upload plugin
* Adapun program VIP di WordPress.com untuk traffic yang tinggi dan situs-situs high-profile yang memungkinkan Anda untuk menjalankan tema kustom, kustom kode PHP, kode iklan, dan WordPress plugin – namun diperlukan biaya yang tinggi per bulannya untuk hosting dan support.

Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org


Mengenai WordPress.org

Ketika Anda melakukan pendaftaran blog di situs WordPress.com, Anda akan mendapatkan URL seperti “andy.wordpress.com” atau anda dapat memetakan domain anda / (domain mapping)  sehingga blog Anda tersedia di “contoh.com” tanpa ada bagian “wordpress.com“.

Anda tidak dapat mengontrol software maupun database termasuk FTP. WordPress.com didasarkan pada versi multi-user dari perangkat lunak WordPress yang tidak mengizinkan upload Tema dan plugin serta mengedit kode PHP. Serta adanya batasan dalam memodifikasi CSS untuk alasan keamanan, memrlukan biaya upgrade untuk mendapatkan akses untuk mengedit CSS. Secara garis besar, apa yang dapat Anda lakukan di WordPress.com adalah blog gratis.

keterbatasan WordPress.com WordPress.org

Adapun WordPress.com menawarkan layanan upgrade sebagai cara untuk menyediakan fitur premium tanpa memaksa blogger untuk host blog mereka di tempat lain. Upgrade ini adalah pilihan. Dasarnya blog akan selalu bebas biaya di WordPress.com dan layanan dasar akan terus ditingkatkan dengan fitur yang lebih baik.

LayananWordPress.org

Kelebihan WordPress.org

  • Kemampuan untuk menggunakan Tema kustom
  • Kemampuan untuk meng-upload plugin
  • Komunitas yang besar
  • Memliki Hak penuh /Full Akses Complete control untuk mengubah/memodifikasi kode o change code if you’re technically minded or need something more advanced than a standard WordPress installation.

Kekurangan WordPress.org

  • Memerlukan Akun Hosting sendiri
  • Membutuhkan lebih banyak pengetahuan teknis untuk melakukan setup, tetapi setelah itu akan semudah penggunaan diWordPress.com
  • Anda perlu mengatasi/ menghentikan spam (jika ada)
  • Anda perlu melakukan backup atau bisa menggunakan jasa freelancer
  • Jika situs web Anda mendapatkan lonjakan traffic/ pengunjung yang tinggi (seperti Digg atau Slashdot), situs Anda mungkin akan turun kecuali jika Anda memiliki akun hosting yang kuat!

Itulah Perbedaan Antara WordPress.com dan WordPress.org

Kesimpulannya, seperti yang sudah Anda ketahui, keunggulan menggunakan WordPress.org jauh lebih menguntungkan ketimbang menggunakan layanan wordpress-com. Dengan membangun sebuah website WordPress pada akun hosting Anda sendiri, Anda akhirnya menciptakan sebuah platform yang dapat Anda ubah dan modifikasi sendiri.

Untuk anda yang ingin beralih/migrasi dari WordPress.com ke WordPress.org, kami menawarkan jasa layanan tersebut lengkap dengan hosting. Hubungi kami untuk lebih lanjut dan bagaimana kami dapat membantu Anda.

 

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*