Berbicara mengenai masalah promosi tidak akan lepas dari istilah periklanan, dimana peranan Direct Ads Selling /iklan secara langsung dapat menjual dengan baik, tetapi Anda perlu mengelola banner Anda secara efektif.

Sebagai contoh, Anda perlu mengatur waktu kapan suatu banner akan berakhir, urutan/penempatan banner, track banner impression, banyaknya tingkat klik terhadap suatu banner dan masih banyak lagi. Mungkin akan banyak memakan waktu apalagi jika Anda memiliki banyak banner yang dikelola.

11-plugin-wordpress_untuk-mengelola-banner

Inilah sebabnya Anda perlu untuk menginstal beberapa plugin untuk mengelola iklan di blog Anda. Banyak yang ditawarkan dengan fitur dasar seperti penempatan suatu banner yang diatur secara acak/random, Waktu/tanggal berakhirnya suatu banner, menyisipkan kode iklan tanpa memodifikasi file template Anda dan lain-lain.

Sekarang kita akan melihat ke dalam 11 Plugin WordPress untuk mengelola banner/ iklan. Anda mungkin hanya perlu salah satu dari pilihan dibawah ini.

1. Adrotate

Adrotate adalah plugin wordpress yang bisa dikatakan populer untuk manjemen iklan yang memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola banner dengan mudah. Dalam rangka untuk menayangkan suatu banner, Anda harus membuat kelompok pertama, kemudian menambahkan banner tersebut ke dalam kelompok itu. Bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengan itu, Anda dapat menggunakan “Banner Wizard”, yang dapat memandu Anda langkah-demi-langkah untuk membuat banner.

Ringkasan fitur:

* Mengelola banner berdasarkan kelompok/grupnya.
* Mampu mengatur tanggal kadaluwarsa banner.
* Pelacakan terhadap suatu klik.
* WordPress dashboard widget untuk memberikan ringkasan/rangkuman.
* Integrasi yang mudah untuk template WordPress.

2. Author Advertising Plugin

Jika Anda menjalankan sebuah blog multi user/multi-authors, mungkin Anda perlu plugin ini. Plugin ini dapat memisahkan pembagian pendapatan untuk penulis yang berbeda. Berbagai konfigurasi dapat dilakukan melalui halaman admin.  sebagai contoh, Anda dapat mengkonfigurasi bagaimana penulis melihat pada halaman “My Advertising”. Ini adalah tempat di mana untuk memasukkan kode untuk iklan tersebut .

Ringkasan fitur:

* Cocok untuk blog yang menggunakan multi-user.
* Mampu untuk mendukung jaringan iklan.
* Halaman iklan yang dapat dikustomasi.
* Fungsi meng-input kode yang mendukung kode HTML, tapi tidak untuk PHP.

3. WhyDoWork AdSense Plugin

Dengan Plugin ini, Anda dapat menyisipkan kode Adsense ke dalam blog tanpa memodifikasi file template. Anda dapat membuat hingga 10 set kode iklan dan menampilkannya di halaman yang berbeda / posting. Untuk halaman artikel/ single page article, Anda dapat mendefinisikan untuk aturan yang berbeda dari kode iklan setelah hari H. Dengan cara ini pengunjung /pembaca blog Anda yang rutin tidak akan terganggu oleh iklan tersebut.

Ringkasan fitur:

* Dapat membuat hingga 10 set kode iklan
* Secara otomatis akan masuk ke dalam artikel/postingan.
* Mampu menampilkan iklan pada lokasi yang berbeda: -Atas – Tengah – Bawah.
* Dapat Menentukan/mengecualikan iklan yang akan ditampilkan pada single post melalui halaman konfigurasi.

4. Buy Sell Ads

Jika Anda telah bergabung di BuySellAds, maka Anda harus mencoba plugin ini! Setelah menginstal plugin, cukup memasukkan BSA site key dan Anda siap untuk menggunakannya.

Ringkasan fitur:

* Mudah memasukkan kode blok BSA untuk artikel di WordPress Anda melalui kode PHP.
* Kemampuan untuk secara otomatis menempatkan iklan ke dalam posting / halaman dan widget sidebar.

5. Advertising Manager

Manajemen iklan yang Top untuk WordPress. Mampu mendeteksi dan mengenali berbagai jaringan iklan termasuk Google Adsense, OpenX, Commission Junction dan lain-lain yang dibuat dan dikelola oleh tim dari OpenX.

Ringkasan fitur:

* Mampu mendeteksi berbagai jaringan iklan.
* Memasang iklan melalui pengaturan di PHP atau melalui “[iklan # nama]”/ “[ad # name]”pada postingan di blog Anda .
* keterbatasan Iklan yang diatur oleh penulis,baik kategori, tag, jenis halaman, dan banyak lagi.
* Salah satu manajemen iklan WordPress yang populer.

6.Ad-minister

Dapat membantu pengguna WordPress membuat banner dengan mudah. Untuk menggunakan plugin ini, Anda harus menentukan “posisi” dengan sedikit memodifikasi file template yang Anda gunakan.

Setelah menentukan posisi , Anda dapat mulai membuat/menambahkan banner (Untuk yang satu ini biasa disebut “konten”). Diperlukan instalasi dan konfigurasi untuk beberapa pelacakan.

Ringkasan fitur:

* Dapat menentukan sendiri “posisi” untuk keduanya dari template atau widget.
* Mengkonfigurasi / menyesuaikan banner untuk setiap posting melalui kolom menu yang dikustomasi.

klik disini untuk lebih detail

7. Advertising Management

Dengan plugin “Advertising Management”, Anda dapat menambahkan kode iklan secara langsung dari sistem backend. Secara totalitas ada 8 tempat di mana Anda dapat menyisipkan kode banner untuk iklan Anda.

8. OIO Publisher

Sebuah plugin yang berbayar,namun jika Anda serius mengenai iklan situs web Anda dan mencari plugin yang berkualitas, Anda harus mempertimbangkannya.

OIO Publisher adalah manajer iklan yang memberikan kontrol secara menyeluruh dari ruang/ space iklan. Anda dapat menentukan ruang iklan, dan plugin ini mampu menangani proses penjualan sepenuhnya secara otomatis. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan di mana Anda ingin iklan ditayangkan, berapa besar ukuran yang dinginkan, dan berapa besar biaya untuk iklan tersebut. Hal ini juga terintegrasi dengan beberapa pilihan pembayaran seperti PayPal dan 2CheckOut.

Ketika pembeli meng’klik pada salah satu link iklan Anda, mereka akan diarahkan pada bagian penjualan Anda. Di sini mereka dapat mengisi informasi mereka, meng-upload iklan mereka, dan memilih metode pembayaran mereka. Setelah Anda menyetujui iklan tersebut, OIO Publisher akan menayangkan iklan untuk waktu yang disepakati dan akan mengirimkan email konfirmasi statistik tentang iklan tersebut.

Ada juga pilihan untuk menawarkan pay-per-post, download digital, program afiliasi, dan pertukaran link. Semua dengan harga yang Anda tentukan dalam panel administratif.

Ringkasan fitur:

* Mampu mengontrol/dikendalikan secara penuh atas ruang/space iklan.
* Mampu Melakukan transaksi penjualan secara otomatis dan proses penayangan iklan tersebut.
* Memasang zona iklan ke RSS Feed

9. Post Layout

Sebuah plugin yang efektif untuk memasukkan iklan ke dalam artikel. Secara umum, plugin ini mampu “menginjeksi” kode HTML atau Javascript ke dalam posting di blog Anda. Jadi, Anda bisa menggunakan plugin ini untuk memasukkan segala sesuatu,tanpa batas.

Jika Anda ingin memiliki fitur yang lebih banyak dan lengkap, Anda bisa beralih ke versi yang berbayar/Pro untuk plugin ini.

Ringkasan fitur:

* Mampu untuk “menginjeksi” baik kode HTML / Javascript.
* Dengan menginjeksi kode,dapat ditempatkan di tengah baik sebelum, atau setelah konten.
* Kode PHP diperbolehkan dalam blok kode.
* Target yang diinjeksi dengan kode di tempat yang berbeda seperti Single Post, Page, Home, Tag dan halaman Kategori.
* Mendeteksi perangkat mobile pengunjung.

10. WP125

WP125 mampu mengelola dan menampilkan banner di salah satu atau dua kolom dan dapat memberikan informasi kepada administrator jika salah satu diantara banner ada/telah kadaluarsa.

Meskipun bukan plugin manajer Iklan yang paling top, tapi ada beberapa fitur yang sangat unik yang membuat saya menyukai plugin ini.

Ringkasan fitur:

* Menginformasikan kepada administrator satu/beberapa hari sebelum banner berakhir. (waktu yang sudah diatur)
* Mampu untuk memilih satu atau dua kolom dalam penayangan iklan. Dapat melakukan kustomisasi untuk banner.
* Menetapkan standar banner Anda sendiri dan halaman penjualan iklan.
* Mentukan jumlah banner secara spesifik dan juga menampilkan urutan yang sudah disesuaikan.

11. Wp-Insert

Wp-Insert lebih dari sekedar manajemen iklan plugin biasa. Dapat mengatur feed, Google Analytics, Mengedit blog dan mengedit tema/theme. lebih mudah menggunakanya.

Ringkasan fitur:

* Mendukung berbagai jaringan iklan.
* Memasukkan iklan pada posisi yang berbeda dalam isi posting.
* 10 Widget iklan sesuai keinginan Anda.
* Dapat melakukan pengecualian terhadap iklan untuk sebuah posting melalui panel konfigurasi.

Salah satu fitur dari plugin ini yang tidak dimiliki adalah untuk mengatur masa berakhirnya suatu banner. Jadi menurut saya ini cocok jika Anda sebagai publisher adsense untuk memasukkan script tersebut atau bisa juga memasang banner Anda sendiri yang mungkin ingin ditampilkan secara permanen.

Selamat mencoba!

Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*